Jumat, 15 Juni 2012

Jogjakarta

Week End. Sabtu. Libur. dan Rindu.

 Pagi ini saya nangis sesenggukan cuma gara-gara gak sengaja liat foto di internet. foto mana yang bikin saya merelakan air mata mahal saya untuk mengapresiasinya. padahal, air mata di hari sabtu itu sakral buat saya, bahkan kalian harus jalan pake lutut hanya demi melihat saya nangis di hari sabtu saking sakralnya airmata hari sabtu buat saya. heheheheh.



naaaahhhhhh, itu dia foto yang ujug-ujug tanpa basa-basi bikin saya nangis di sabtu pagi. hari ini masih menunjukkan pukul 11.00 dan saya udah nyaris menghabiskan seluruh persediaan air mata saya cuma untuk menangisi foto diatas. idiot banget.

saya kangen Jogja. kangen banget. rasa nya tuh dada saya penuh banget kalau ngebayangin Jogja. malioboronya, Alun-alun kidul nya, Raminten nya, angkringan tugu waktu sore nya, becak-becak di taman sarinya, bau perak di kota gede nya, wedhang ronde terban-nya. ah...semuanya. semuanya bikin kangen yang luar biasa buat saya. Jogja selalu punya sejuta alasan untuk membuat saya rindu. bahkan kadang saya tak memiliki alasan apapun lagi untuk gak meluangkan waktu barang seminggu cuma buat sekedar mengulang lagi ritual jalan-jalan malam di pelataran kandang gajah alkid meski cuma sejam-dua jam. saya beneran kangen. kangen banget sama Jogja.

temen saya nanya ke saya : " apa sih yang bikin Jogja jadi begitu punya arti di hati kamu? karna mantan pacar kamu asli sana?" saya yakin bukan cuma itu. bukan sebatas pesona pria Jogja yang bikin hati saya bersauh bak jangkar macet di Jogja. ada lebih dari sekedar urusan asmara dua manusia semata. Jogja, sudah mengisi hati saya jauh sebelum saya mengenal pria istimewa itu. jauh sebelum saya ngerti kalau cinta memang punya sejuta alasan untuk tetap diabadikan dalam frame kota eksotis itu. jauh, jauh dari cuma sekedar itu. jogja..... kota itu membuat saya harus mengurutkan satu sampai entah nominal keberapa untuk menguraikan alasan saya begitu jatuh cinta pada kotanya. Jogja.... membuat saya harus menekan dada tiap kali membayangkan kaki saya menjejak tanahnya dan mata saya bersitatap dengan ramah nuansanya. Jogja..... membuat saya harus sering-sering mengusap mata demi menyembunyikan airmata yang selalu meruah menetes hanya karena perasaan rindu yang paling menjemukan tiap membicarakannya. Jogja.... bukan cuma sekedar kota, bagi saya dia sudah seperti jantung. sudah seperti desiran detak didalam jantung. vital dan fatal.

dimulai dari membuka mata, saya akan selalu bersemangat untuk mandi, kemudian bergegas naik becak ke daerah Jokteng buat sarapan pagi nasi gudeg Yu Djum disana. meski ngantrinya kebangetan, saya selalu rela nunggu si mbok peracik menyiapkan separo porsi nasi gudegnya buat saya sambil melihat anak-anak sekolah berangkat dan berbicara dalam bahasa jawa yang kental. bahasa yang membuat hati saya menghangat. setelah itu saya akan kembali naik becak sampai di taman sari dan mengitari pemandian raja-ratu jawa itu, sesekali saya berjalan di gang-gang kecil dibelakang pemandian. di gang kecil itu sudah terbangun ratusan rumah penduduk yang padat. tapi berbeda dengan padatnya rumah-rumah di jakarta, kepadatan disitu mengasyikan. tenang dan bersih. dingin,adem dan ramah. rumah-rumah sederhana namun tidak berkesan kumuh, dengan banyak lukisan atau anak-anak nongkrong sambil main gitar yang selalu menyapa dengan " badhe pundi mbak?" kepada setiap orang yang lewat, dan anak-anak kecil yang main engklek atau dakonan. saya menikmati setiap perjalanan pelan menyusuri gang kecil hingga sampai ke petilasan di ujung taman sari. menyaksikan puing-puing sisa sejarah keraton yang semakin eksotis dengan bau dupa dan kembang-kembang setamannya. menjelang siang saya akan meluncur ke daerah Kotabaru untuk maksi di raminten, atau jika saya belum lapar sekali saya akan menempuh sedikit perjalanan jauh kearah Suryopranoto, Pakualaman. disana saya bisa makan soto kadipiro sampai dua mangkuk sekaligus sambil menyaksikan tukang sol sepatu yang menggesek sepatu-sepatu rusak dan menjahitnya kembali dengan benar. " nambah malih mbak?" sapaan ramah pemilik warung dengan senyum khas dan ramahnya selalu membuat saya malas untuk pergi dari situ. sore harinya saya akan berjalan di sepanjang malioboro sambil menunggu malam, menyaksikan banyak turis yang menawar batik atau aksesoris asli jogja dengan semangat, atau saya akan memilih berjalan-jalan di sekitar desa pathok ( jl K.S Tubun ) tempat dimana begitu banyak pabrik bakpia Pathok berdiri, letaknya di belakang jl. malioboro. kalau malas jalan biasanya saya bisa naik becak 10ribu rupiah untuk mengelilingi semua pabrik pathok disitu. semerbak bau bakpia bikin hidung saya kembang kempis menahan gejolak untuk membelinya. baru ketika malam tiba saya akan meluncur ke alun-alun kidul ( Alkid) buat nongkrong dan dengerin pengamen-pengamen disana. kenapa bukan di malioboro? kadang di malioboro, tapi saya jauh lebih merasa Jogja ada di Alkid ketika malam. tengah malam, tugu menjadi saksi saya menghabiskan berpuluh-puluh tusuk sate usus di angkringannya sambil nyanyi-nyanyi bareng temen-temen ISI jogja yang lagi nongkrong disitu. seharian, cukup untuk me-Charge hati saya.

tuh, hanya dengan menuliskan kembali sehari saya bersama kota Jogja, udah bikin saya panas dingin dan teriak-teriak minta dipesenin tiket ke Jogja. candu banget.

Jogja.Nuansa.dan Kamu.

Jogja memang gak pernaha bisa lepas dari seseorang itu. saya tau mungkin saya berkali-kali merindukan kota budaya itu karna saya pun merindukannya. dan Jogja menjadi peletakan alasan saya yang pertama pula untuk menyimpan dia dalam hati. selamanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar