Minggu, 12 Agustus 2012

Subuh yang dramatis.


Halow temans, udah deket lebaran nih? udah pada beli baju? beli mukena? sarung? baju koko? Seriusan yah, sebenernya itu semua gak penting banget. Euforia yang berlebihan menurut saya. Tapi masing-masing orang memang punya cara untuk mengungkapkan rasa syukurnya setelah sebulan berperang dalam hawa nafsu yang heboh. Saya memaklumi dan mencoba mengerti itu. hehehehe

Jadi ceritanya saya lagi merasa bersalah banget. Rasa salah yang bikin saya nangis melulu dan gak berenti-berenti nyeselin kesalahan itu. Bikin nyesek sekaligus kesel. Dibanding banyak hal yang jadi pemicu timbulnya kegelisahan lain yang gak ada habisnya.

Gini loh, saya itu lagi menyayangkan sholat subuh saya pagi tadi. Sholat subuh yang saya yakin gak afdhol banget karna saya salah persepsi dalam mengambil niatan awal. Ah, jadi makin mellow deh nih. Rasanya tuh imbisil banget deh pagi tadi. Rasa marah kepada diri sendiri yang akhirnya bikin hari saya makin runyam gak karuan. Sebel.

Saya sahur bareng pacar dan beberapa teman lainnya. Saking seringnya makan Sahur bareng pacar sampe-sampe saya dan dia punya kebiasaan sholat subuh jamaah berdua. Gak peduli itu banyaknya orang yang mau ikutan jamaah kita, saya sama pacar pasti melakukan sholat subuh jamaah bareng. Nah ceritanya, pagi tadi abis sahur kita mau sholat subuh barengan nih. Pacar saya udah ngasih aba-aba saya buat ambil air wudhu sementara dia ngeberesin perlengkapan bekas kita sahur tadi. Kebiasaan saya juga kalo kebetulan saya yang lebih dulu siap di lokasi sholat dan pacar saya masih nanggung ngurus ecek-ecek macem-macem ( pacar saya ini agak ribet ya beresin ini itu ) saya bakalan sholat sunnah 2 rakaat dulu sebelum subuh. Nah ceritanya pagi tadi mau gitu juga tuh. Kebetulan di ruang makan ada pacar saya dan satu lagi temen cowoknya, saya kontan bilang dong “ Mas, aku sunnah dulu ya. “ , Saaaatttt itu, ini saat itu ya, pacar saya mengiyakan diantara gerakannya yang super repot ngeberesin bekas sahur kita. Saya masuk ke ruang sholat, dan sholat sunnah. Lama saya nunggu pacar saya masuk nyusulin saya buat sholat jamaah, tapi kok gak masuk-masuk. Lebih dari 10 menit saya tunggu kok gak juga masuk. Sementara saya malah ngedenger dia ngobrol sama temennya. Jadilah saya keluar nyamperin dia. Dan saya liat dia lagi baringan di karpet sambil ngobrol santai bareng temennya. Sontak saya Tanya dong “ Loh,kamu udah sholat subuh belum sih?” pacar saya kaget, bangun terus mandangin saya yang masih make mukena. Matanya langsung mudeng. “ Ya Allah, kamu nungguin aku? Kirain tadi kamu mau sholat sendiri.” Doeeeengggg!!!! Saya gondok. Masuk ke dalem ruang sholat dan melakukan sholat subuh sendirian.

Kecewa pasti iya dong, secara kita biasa melakukan itu berjamaan. Pahalanya insya Allah lebih banyak dan saya juga bisa merasakan kedekatan emosional spiritual kita yang makin lengket satu sama lain dengan sholat jamaah. Subuh pula. Dan kenapa mendadak pacar saya itu jadi melupakan kebiasaan kita? Ternyata karna dia salah mendengar.waktu saya pamit buat Sunnah dulu ke dia, pacar saya itu dengernya “ Mas, aku sholat dulu ya.” Oke. Saya mengerti.dan memaklumi. Gak ada masalah sih sebenernya. Tapi ada masalah lain yang kemudian membuat saya sebel setengah mati.

Masalah itu adalah kekecewaan saya yang cuma beberapa detik setelah tau bahwa saya gak bisa jamaah barengan pacar saya itu. Kekecewaan yang membuat saya sadar, kalo saya berniat sholat jangan-jangan jadi kabur maknanya. Jangan-jangan jadi gak Lillahi taa’la lagi nih. Jangan-jangan saya sholat subuh karna ngarep jamaah barengan pacar nih. Masya Allah. Astaghfirullah. Di rakaat pertama mendadak saya menyesal luar biasa. Saya terisak waktu menyentuhkan kening di tanah. Sujud memohon ampun. Saya menyesal sempat lalai dalam berniat. Saya menyesallebih mencintai pacar ketimbang Allah meski hanya dalam hitungan detik dan itupun berupa rasa kecewa. Saya menyesal membiarkan hati saya begitu menggebu menyayangi manusia, sementara seharusnya hati saya bertatap hanya pada-Nya. Saya menyesal.

Pacar saya ini pria yang istimewa. Saya menceritakan hal ini sama dia usai sholat subuh tadi. Dia Cuma mandangin saya sambil nyengir. Mungkin ikut merasa bersalah juga, atau mungkin juga bersyukur.Merasa bersalah karna gagal membuat pahala jamaah subuh saya dapatkan, Insya Allah atau merasa bersyukur karna dengan sholat sendiri artinya dia idak merealisasikan niat sholat subuh saya yang sempat ngaco awalnya. Keduanya tetap terasa seksi dimata saya. Hatinya luar biasa lugu. Apapun yang dia lakukan semua karna Allah, mungkin itu sebab saya begitu mencintainya. Karna seluruh hidupnya dia dedikasikan untuk Allah. Saya jadi ketularan energy positif dia. Saya jadi ingin melakukan segala hal dalam hidup saya karna Allah. Makanya, beberapa detik ketika saya sempat merasa kecewa karna gak jadi sholat jamaah sama dia itu,benar-benar saya sesali. Saya menyesal sungguh. Semoga Allah masih membuka waktu untuksaya kembali belajar, mengenal niat dan keinginan. Semoga begitu. 

2 komentar:

  1. cerita yang menarik.. bagus juga selalu berjamaah. alhamdulillah.


    hhe tp ada yg disayangkan, sholat udah bgus.. kerudung juga. tp masih pacaran. segera menikah hhe bakal lbh nikmat. (kata yg udah nikah sih :) )

    BalasHapus
  2. Hey, senang baca komentar kamu. siapapun kamu diasana thanks banget udah baca blog saya - saya yakin kamu hebat karena mau membuka posting yang udah laule banget.-

    thanks juga buat sarannya. keep spirit me yah. salam kenal.

    BalasHapus