Minggu, 11 Maret 2012

ANAK-ANAK DAN IMPIAN SEDERHANA MEREKA

saya baruuuuuu aja nontonin semua film-film alenia pictures dan sekarang ini lagi terkagum-kagum sama pasutri Ale dan Nia. kapan ya kiranya ada pria kayak Ale yang masih lagi nyari pasangan hidup buat ngurus anak-anak Indonesia dan semuamimpinya? saya mau tuh ngedaftar di urutan pertama, gak peduli diterima ato ditolak. saya beneran kagum sama dua orang itu. bisa ya mereka concern banget sama dunia anak dan pendidikannya.rasanya tuh kayak menemukan jengkal rasa lain di diri mereka berdua. jadi, seandainya saya bisa bersyukur adalah karena sakit ini. saya bersyukur banget kemaren sakit dan masuk RS, jadi hari ini lemes banget terus akhirnya mendekam di dalam kamar ditemani film-film itu. kalo saya sehat, pasti udah di protes tuh mendekam seharian di dalem kamar. hehehehehe. 

mulai dari denias sampai serdadu kumbang saya tonton habis. bahkan serdadu kumbang saya sampe nonton download versi BHS nyaloh. saking penasarannya sama film itu. hahahaha. dan semakin saya tau, kalau memang anak-anak bukan hanya objek yang bisa dijual dalam dunia film, tapi juga objek yang harus dikembangkan. anak-anak dan impiannya tentu saja. saya belajar untuk terus mencintai anak-anak melalui film-film Alenia. saya belajar untuk melihat sisi lain yang belum tersentuh.saya belajar, memahami banyak halmengenai impian anak-anak. 

dalam Denias, kita tau ada impian anak-anak pedalaman tentang sekolah. yah, sekolah. anak-anak dipedalaman itu, dimana bagi mereka yang terpenting adalah hari ini. bukan esok.mereka hanya menatap detik ini saja, mereka bisa makan,bisa hidup. enough. cukup. mereka tidak memiliki harapan atau cita-cita berjangka.tentang esok yang lebih baik. yang mereka tau hari ini harus hidup. jadi, bagi mereka sekolah bukanlah hal yang penting karna sekolah tidak akan pernah bisa membuat kita makan hari ini. lebih penting ikut ayah berburu atau membangun pagar. makan dan kenyang. selesai semua urusan. dan film ini membuat saya pengen nangis waktu ada seorang anak tanya ke maleo tentang sekolah di jawa : " maleo, katanya sekolah di jawa itu pakai seragam? benar maleo ? " saya itu langsung pengen ngacak-ngacak rambuk kriwil si bocah itu. sesederhana itukah keinginan mereka tentang sekolah? memakai seragam merupakan keindahan tersendiri bagi mereka. impian yang sepertinya sulit sekali dijangkau bahkan oleh mimpi sekalipun.padahal kita tau, di sini bagaimana seragam itu udah banyak banget ya? seragam identitas aja ada ratusan macamnya. ironis dan bener-bener bikin air mata netes denger percakapan di film itu. 

King juga, cerita tentang impian Guntur seorang anak kecil yang mengidolakan pemain dunia Liem Swie King. film ini agak dibalut komedi-dramatis. lucu-lucu gimana gitu. tetep aja ada beberapa adegan saya pengen nangis. di film ini kental banget dengan usaha anak meraih mimpinya. memang gak sedramatis denias, tapi tetep aja kok cerita tentang anak dan impiannya ( apalagi yang tercapai kayak KING ) bikin saya pengen banget meraung-raung buat teriak ke semuaorang tentang keberanian bermimpi.  bayangin aja, gunur itu cuma anak kampung yang bahkan raket aja dia gak punya, bapaknya itu cuma pengumpul bulu angsa yang dijual buat di jadiin shuttlecock. tapi mimpinya untuk jadi juara dunia edan-edanan. bahkan ketika dia nyaris sejengkal jadi juara aja masih ada hambatan sederhana yaitu sepatu. dia gak punya sepatu buat latihan. yaelah, sepatu mas brow...hal yang sangat sederhana bukan. tapi apalah daya buat seorang yang memang gak punya, ya tetep aja susah buat belinya. tapi sekali lagi,impian gak pernah membatasi seseorang untuk tetap berusaha. guntur mah lempeng aja gitu ama mimpinya. dia gak peduli bisa atau gak tanpa sepatu. meski akhirnya memang ada yang beliin. tapi bukan di sepatu barunya itu yang pengen saya bahas, melainkan di gimana seorang anak tau caranya bertahan dari goncangan maha dahsyat yang nyaris menggerus mimpinya. 

Kalo film yang selanjutnya " tanah air beta ". cerita tentang konflik intern sebuah keluarga yang terpisah karena adanya kemerdekaan timor-timur. walah, ini bikin saya miris. impian anak perempuan bernama merry itu sangat sederhana, dia cuma pengen ketemu kakak laki-lakinya ( mauro ) yang memilih tinggal di timor-timur bersama-pamannya. merry nyaris tiap akhir pekan berlari ke perbatasan daerah kupang, hanya untuk melihat apa ada kakaknya di sebrang batas. buset, sederhana banget bukan.tapi nyatanya gak sesederhana itu kawan, merry harus bertahan di bagian pinggir Indonesia dengan timor-timur yang kayaknya udah gak diurus banget lantaran sebagaian penduduknya memilih jadi penduduk negeri kecil timor leste. uh, sebel banget ngeliatnya deh. udah tau ada bagian negara yang membebaskan diri karena merasa bisa berdiri sendiri, sebagian warganya ada yang masih setia, bukannya di sayang-sayang karena kesetiannya yang tinggi, malahan ditelantarin. pengen deh gigit-gigit itu tentara yang ada di perbatasan. hehehehhehe. tapi ya sudahlah, film memang punya amanat yang bagus buat diselami. sama kayak ini, tanah air beta juga bercerita tentang mimpi seorang anak. impian yang sangat sederhana itu dia kejar benar-benar sampe rela lari dan dehidrasi ditengah jalan. keren ya anak-anak pedalaman itu. daya capai mereka luar biasa. 

terakhir " Serdadu Kumbang " ini film paling baru dari alenia. dan bagus banget. yang meranin jadi amek bukan cuma mantaf. tapi jempolan. eh, serius banget. ini impian seorang anak pedalaman buat jadi pintar. buat meraih cita-cita ditengah keterbatasan fisiknya ( berbibir sumbing ) ah, saya aja sampe beneran mem-pause ini film buat nangis sesenggukan sebentaran. kalian mesti nonton ini film. sumpah buangus tenan. 

oke. saya gak bisa cerita panjang, penyakit tua saya kambuh. jadi saya ingatkan sama kalian yang udah pada tua dan udah makan garem idup. jangan pernah kalah sama anak-anak dipedalaman yang masih tetep berani bermimpi walo kapasitas mereka buat meraih impian itu lebih kecil prosentasenya dibanding kalian. kalau mereka berani, kenapa kalian gak? jangan takut gagal dulu. yang ada harusnya bayangan sukses, bukan bayangan gagal. oke? selamat mencoba dan etepsemangat yah. raih impian kalian. dan terus berusaha. 

1 komentar: