Senin, 10 Oktober 2011

BAHAGIALAH

selamat hari selasa. semoga hari kalian menyenangkan. sama seperti saya yang selalu mencoba bahagia. seperti apapun rasa dalam hati dan dalam hidup saya, saya akan selalu mengartikannya bahagia. bukan bodoh, tapi justru mencoba menyikapi dengan jeli. bahwa hidup tidak akan pernah berjalan sesuai yang kita mau, tapi perasaan kita akan berjalan sesuai yang kita fikirkan. maka berfikirlah bahagia, maka kita akan bahagia.

saya sedang galau. perasaan saya gundah. dan saya bingung. apapun nama yang tepat untuk mengambarkan perasaan saya saat ini, tapi satu yang saya tau, kalau saya harus terus merasa bahagia. untuk apa? untuk diri saya sendiri.

setiap orang memiliki impian, cita-cita dan cinta masing-masing. tidak akan pernah sama antara satu orang dengan lainnya. sekalipun sama pasti eksekusinya akan berbeda. kenapa? karna masing-masing orang tidak sama daya tahan hatinya. keberanian yang dikemas dalam sistem hidup pun tak selalu sama. dan kebahagiaan, adalah tanggung jawab kita masing-masing. jangan pernah menyalahkan orang lain karna kita tidak bahagia, jangan pernah berteriak-teriak mempertanyakan kebahagiaan diluar diri kita sendiri, karna jawaban yang ada jelas ada didalam diri sendiri.

jika impian, cita-cita dan cinta kita ternyata menyakiti orang lain? mengganggu orang-orang disekitar kita? maka apa yang akan kita lakukan? menyerah dan mengikuti aturan? atau tetap kukuh berjuang demi hal yang kita yakini akan membuat kita bahagia? ingat kawan, ada orang yang melihat impian dan cintanya tanpa mengejarnya sedikitpun, dan dia hanya akan jadi pemimpi. ada pula orang yang meninggalkannya dan mencari cinta dan impian yang lebih mudah dicapai, dan dia akan jadi pecundang. terakhir ada orang yang memiliki kenyakinan akan cinta dan impiannya, mengejarnya hingga berdarah-darah, dan menggenggamnya erat; dialah sang pemenang. tinggal kita mau memilih berdiri digolongan mana?

kadang, karna terlalu banyak memikirkan norma dan aturan masyarakat, kita lupa akan diri kita sendiri. kebahagiaan sendiri. sementara norma dibuat jelas secara kolektif, untuk kemaslahatan semua orang, maka itu bentukannya pun universal.dan tak ada yang akan pernah melihat hati kita, apakah terjaga dengan baik atau telah hancur berdarah-darah. tak ada yang akan pernah bisa meluhatnya, selain diri kita sendiri. maka sebelum pendarahan terlampau deras di hati ini, silahkan kalian selamatkan hati masing-masing.

kebahagiaan kita adalah tanggung jawab kita, dan kebahagiaan orang lain jelas tanggung jawab si empunya hati. bukan kita. contoh gampangnya begini, ada dua orang yang diberi buah anggur. yang satu memang sangat menyukai anggur, dan sangat bahagia diberi anggur. sedangkan yang satunya sangat membenci anggur karna kecutnya. semudah itu kita lihat, bukan dari anggurnya yang membuat semua bahagia, tapi dari pribadi masing-masing orang. kita tidak akan mungkin bisa membahagiakan semua orang, karna kebahagiaan jelas bukan tanggungjawab kita.maka mengertilah dan maklumilah, jika suatu hari saya melakukan kesalahan besar yang tidak bisa membuat kalian bahagia ataupun tidak membuat kalian nyaman berada didekat saya. karna seperti yang saya bilang diatas, dua hal tersebut bukanlah tanggung jawab saya atau siapapun diluar kalian. tapi adalah tanggungjawab pemilik hati itu sendiri.

salam panas
_me_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar