Jumat, 11 November 2011

Konjungsi Antara Nasionalisme dan Kondangan

selamat malam. seharusnya saya mengantuk. tidur. dan mimpi indah. tapi nyatanya : saya membuka laptop, link blog ini dan curhat sama kalian. uh, berean deh, saya udah beneran pengen cerita sama kalian tentang pengalaman saya hari ini. super duper heboh sekali. yukkk capcuuussss

hari ini sahabat saya menikah. akad nikah dilangsungkan di sukabumi, daerah cisaat kadudampit. halaahhh, whatever lah nama tempatnya. pokoknya saya dateng aja kesana, dengan bekal nekat karena temen saya yang lain udah mendahului saya kesana sejak malam sebelumnya #jitaktemen#. sedangkan saya, itu pertama kalinya saya ke sukabumi, dan alone. hebat gak saya coba?? coba ada yang mau tepuk tangan gak? boleh, mau lempar sawer juga boleh. #ngelantur# oke kembali ke topik. Sukabumi dan menikah. saya dateng memang super terlambat. saya itu salah informasi loh, jadi katanya waktu yang diperlukan untuk perjalanan dari jakarta -sukabumi hanya diperlukan waktu sekitar 2-3 jam. nyatanya : saya berangkat jam 10 nyampe jam 3. berapa jam itu coba dihitung. 5 jam pemirsa. LIMA jam. itu kan jauh banget dari informasi yah. dan jadilah saya kelaparan ditengah jalan #infogakpenting#

oke, setelah melalui proses lewati gunung susuri lembah, saya sampe juga di kecamatan cisaat. jadi nama daerah yang pertama kali harus saya cari adalah Cisaat. dan setelah saya menemukannya, saya masih harus merangkai satu potongan puzzle lagi untuk mendapatkan lokasi hajatan secara utuh. mulailah petualangan saya selanjutnya : NGOJEG. disinilah saya menemukan petunjuk 1, bahwa kita harus memiliki rasa nasionalisme pada negara. salah satunya dengan berbahasa yang satu: bahasa INDONESIA. ingat, bahasa Indonesia. maka dikarenakan saya sangat nasionalis, bertanyalah saya pada si tukang ojeg itu dengan bahasa nasional #padahalgakbisasunda# " bang, ke kedudampit berapa " saya slow banget tuh nanyanya, dan jawaban yang saya terima adalah : jksjsaokflsdjgsdnhgksndlkhjbzlmvldmlcvksa (mau tau artinya? tanya yang orang sunda ) saya langsung cengo dong... ni tukang ojeg, saya tanya pake bahasa Indonesia jawabannya sunda aja. dia itu kayaknya gak tau isi dari sumpah pemuda kali ya. payah....disitulah saya mengalami kesulitan bahasa. makanya, saya agak-agak gak yakin nih waktu abang ojegnya bilang 5 ribu rupiah aja buat ke kadudampit. jangan-jangan 5 ribu yang dia maksud artinya 5 juta lagi....

setelah sepakat dengan harga dalam benak masing-masing, saya duduk manis di jok belakang. saya mampir warung sebentar buat beli amplop. setelah pengalaman dengan si tukang ojeg, saya gak mau gambling dengan bersikap nasionalis pada si pemilik warung. dengan bahasa sunda seadanya saya beranikan diri nyemplung di kubangan sundaisme : "aya amplop a? " dan untuk kedua kalinya saya cengo lebih dalem lagi. karena jawaban si pemilik warung : SDHIHGIDHGVDGNDNVNVD ( ini pake capslock) . lebih dahsyat dari jawaban si akang ojeg. saya puyeng. pelajaran kedua yang saya dapatkan : jangan sekali-kali main api kalo gak siap air. saya tanya pake bahasa indonesia, jawabannya sunda. pas saya tanya pake bahasa sunda , jawabannya : SUNDA BANGET. cepet, tanpa artikulasi yang jelas dan mulut ditutup. omaygot. saya kali ini beneran megat-megot.

nah, setelah itu saya kembali merangkai puzzle petunjuk dari kawan saya yang sudah lebih dulu ada disana. beberapa ratus meter didepan saya, ada janur kuning berdiri tegak di pinggir jalan. saya yakin itulah tempatnya. karna temen saya bilang, di kadudampit ini hanya satu yang hajatan. gak mungkin dong ada orang iseng masang janur kuning kalo gak hajatan. #hehehe#masuk lah saya kedalam. tenda megah dengan hidangan mewah. rasa lapar membuncah dalam perut saya. melihat hidangan yang ada saya sudah menjadwal menu apa dulu yang sebaiknya saya makan. untuk lebih memastikan saya bertanya pada salah satu orang yang duduk di buku tamu. laki-laki. " mas, ini nikahannya IIN kan ya mas?" dan saya lupa, akan pelajaran pertama dan kedua selama perjalanan tadi. jawaban si mas itu hanya mengangguk. saya tulis di buku tamu. saya masuk kedalam dan saya lihat kursi pengantin kosong. saya merasa bersalah, sebegitu terlambatnya saya sampai kawan saya sudah lengser dari tahtanya. jadilah saya bertanya pada mbak-mbak yang ada di dekat saya " pengantinnya mana ya mbak? " dan jawaban si mbak itu membuat saya mabok : " saya pengantinnya teh " What?? loh? kok beda?? kok bukan temen saya? kok ? setelah saya sadari, tengok sana sini, saya baru nyadar kalo saya salah masuk. sumpah, itu saya pengen nyungsep ke dalem panci sop. malu banget. saya langsung angkat kaki dari tempat itu, tujuan saya satu, nyari si mas-mas yang bohongin saya. pas liat dia saya langsung lampiaskan rasa malu " gimana sih mas, katanya bener ini nikahannya Iin..." dan jawaban dia aptudet banget " sajdjgfsjakfsdkgnKGSJGJMSDKMB982908592859" (lebih parah dari akang ojeg sama aa warung ) dan mengertilah saya sekarang : si mas itu gak tau tadi saya tanya apa. dia asal jawab aja. ampooooonnnn.

sampe di lokasi yang sesungguhnya, itu temen saya yang lain udah ngakak aja. ngetawain pengalaman saya tadi. ada satu kalimat temen saya yang bikin miris : " kamu nanya ke mereka pake bahasa indonesianya udah di logat-in sunda belom? kl belom mereka gak tau " saya nyengir. bagi saya bukan lelucon lagi ketika saya tau, ada kesenjangan bahasa yang kuat antara kami yang jawa atau kalian yang sunda.

dulu saya sering ngeledek pacar saya ( yang kebetulan orang sunda ) kalo sunda itu lidahnya gak bisa lancar bicara selain bahasanya sendiri. tapi dulu itu cuma sekedar paradoks semata. nah, hari ini saya beneran merasakan sulitnya ada didaerah sunda tanpa kemampuan berbahasa sunda. beneran deh, tanah sunda kayaknya mesti mulai memikirkan pembentukan guide untuk pemandu turis yang berkunjung. bukan apa-apa, tapi memang sangat sulit untuk komunikasinya. karna yang digunakan bukan hanya bahasanya saja, bahkan sudah menjamur hingga ke dialektikanya.

saya tau, rasa kedaerahan sundaenese memang kuat. sangat kuat. yang patut dibanggakan dari mereka adalah , mereka bangga akan bahasanya sendiri. dimanapun mereka berada, mereka akan senantiasa menggunakan bahasa daerah mereka. tapi kemudian muncul dibenak saya, mereka bangga sehingga selalu menggunakannya dimanapun mereka berada, atau mereka tidak memilki kemampuan bahasa lain selain bahasa ibu mereka itu. nah. ini yang harus disikapi. sungguh mengerikan jika ternyata kemungkinannya ada pada yang kedua.

beberapa hari yang lalu adalah hari AKSARA nasional. bagaimana mungkin kita bisa memberantas kebodohan jika hal-hal paling mendasar seperti bahasa masih di gampangkan.bahasa itu lingua franca loh. ibu dari semua ilmu pengetahuan adalah bahasa. maka berbahasalah dengan sempurna. pahamilah bahasa umum, dan cintailah bahasamu sendiri. salut untuk orang sunda atas sikap kedaerahannya yang kuat. dan salut ini akan lebih sempurna jika mereka pun menguasai nasionalisme yang tepat. Berbahasa yang satu, Bahasa INDONESIA.

2 komentar:

  1. yup... setuju banget jika bahasa indonesia dinomor satukan tetapi kita juga tidak bisa menyalahkan mereka ( org daerah yang tidak fasih berbahasa indonesia ) mungkin mereka begitu karena kurangnya latar belakang pendidikan ,, biasanya disekolah kan ada pelajaran bahasa indonesia,, jadi yang perlu kita cermati adalah kesenjangan yang semakin menjadi jadi di negara ini,,, yang kaya makin kaya yang miskin semakin miskin,,, but anyway salut untuk penulis karena telah memperhatikan masalah ini ,,,

    BalasHapus
  2. bener itu. sayangnya itu orang-orang tua yg bicaranya totok bahasa daerah. susaaahhhh. faktor usia membuat kita kesulitan.

    BalasHapus