Selasa, 16 Agustus 2011

Benar-salah = Proses.

Hidup terlalu singkat hanya untuk dilewatkan bersama pilihan yang salah
( anonim ) 
idiom diatas sangat terkenal, sering sekali digunakan sebagai status juga semboyan hidup seseorang. dan kenapa saya gunakan tanda coret di atas? karna memang saya tidak menggunakan idiom itu sebagai apapun. saya tidak sepakat. hehehehehee.

saya yakin, segala sesuatu adalah proses belajar. hidup adalah wadah dan media kita untuk belajar, tentu saja dengan pemahaman yang kuat bahwa Tuhan jelas sudah mengatur segalanya sejak awal. saya sepakat jika hidup memang hanya sebentar, terlalu sebentar apabila kita memang hanya diam menunggu ilham untuk sebuah takdir baik dari Tuhan. tapi untuk hidup dengan pilihan yang salah? saya rasa itu bukan masalah. bukankah kita baru merasa benar, jika kita telah berbuat salah. jadi sekali lagi, jangan pernah takut salah, karna itu hanya akan membuat kita jadi gak pernah berani untuk melangkah. terlalu hati-hati juga akan terlihat sangat pengecut. hidup memang sangat singkat, tapi bukan untuk selalu benar. jadi, jangan takut salah. kalo gak salah gak belajar dong ? ( iklan apa ya ini?)

sadar gak sih kita sebenrnya, kalo kita baru menemukan kalimat bijak gak bijak itu setelah kita justru melakukan pilihan yang salah. contoh konkretnya gini deh, saya punya temen, demen banget sama masak-memasak. cita-citanya jadi koki, trus kuliah di univ swasta gede dan ambil perhotelan. setelah lulus eh dia malah kerja di bank bukan jadi koki. baru brapa bulan dia gak betah karna gak sesuai sama minatnya, terus resign dari bank itu padahal gadinya udah mantep baget buat karyawan baru. waktu saya tanya, kenapa dia berani melakukan itu? jawaban dia ya kalimat diatas itu : hidup terlalu singkat hanya untuk dilewatkan dengan pilihan yang salah. ohohoho. baiklah kalau begitu. 

yang saya tau adalah sebuah proses dimana kita terus mencoba tanpa kenal malu dan capek itu dinamakan berusaha. dan berusaha itu baik banget lho buat kesehatan, berusaha bikin kita bergerak terus, percaya bahwa harapan itu gak dateng dari mana-mana, tapi dari diri kita sendiri. dan percaya terus bahwa berusaha itu akan mendatangkan hasil. pasti itu. bener deh. percaya sama Tuhan, kalo janjinya bagi mereka yang mau berusaha itu memang gak akan pernah bohong. 

dan demi memenuhi pesanan salah satu pembaca setia blog saya, yang bilang kalo postingan saya sangat panjang-panjang dan bikin mata nya yang udah tua jadi puyeng, dia minta dibikinin postingan yang pendek aja, dan saya penuhi kali ini. lagian saya sendiri juga udah puyeng dari tadi liat layar laptop terus. yang penting, walo saya banyak melakukan kesalahan dalam hidup ini, saya tau kalo saya telah benar setelah kesalahan itu saya lewati. jadi kalo mau tau udah bener atau belum, jangan pernah takut untuk melangkah. jangan pernah takut salah. oke kawans. salam panas dari saya. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar