Selasa, 30 Agustus 2011

tradisi baru : menyalahkan orang lain.

hari ini masih bisa dibilang lebaran hari pertama, atau lebaran hari kedua, atau hari ketiga. ah, terserah lah. toh lebaran itu harusnya tetep ada dihati. tapi bukan ini yang mau saya bicarakan, yang ingin saya sampaikan adalah adanya lebaran ini seharusnya menjadi sebuah waktu dimana kita menjadi kembali pada sebuah kesucian. pada sebuah rasa kosong yang bersih. itu kan tujuan kita berpuasa selama sebulan? buat mencuci bersih hati dan otak kita? tapi, kalo ternyata lebaran justru dijadikan waktu demi mengkambing hitamkan orang lain, itu namanya picik. itu namanya merusak waktu, jujur, saya menghujat orang yang melakukan itu. beneran gak kece banget.

ketika adanya kabar lebaran dibagi lagi jadi dua hari, lagi-lagi karena NU dn muhamadiyah. lagi-lagi organisasi keagamaan yang menjadikan landasan berfikir umat, bukan Al-Qur'an atau Hadits. sedih rasanya, melihat banyak orang saling menyalahkan hanya karena background organisasi dan saling merasa paling benar. yang lebih menyedihkan lagi adalah ketika seharusnya kita berlomba untuk saling ikhlas di hari itu, tapi justru yang dilakukan sebaliknya. saling menyalahkan. tau gak kawan, itu konyol banget. kita saling menghujat satu sama lain, saling berfikir menjatuhkan satu sama lain, sementara Tuhan Kita satu. Nabi kita tetep Rasulullah SAW, apa lagi agama kita juga satu. apa sih maksudnya? apa sih inti dari hujatan-hujatan itu?

yang lebih lucu lagi ketika kita mengkambinghitamkan orang lain hanya karena takut ibadah kita tidak diterima, itu namanya payah banget. beneran deh, saya sedih banget waktu ada salah satu sahabat saya menyalahkan salah satu pemuka agama hanya karena shalat tarawehnya ragu-ragu, atau tak ada takbir. ya ampun, itu kan konyol. tugas pemuka agama, para kyai itu cuma menyampaikan. memberitau, bukan menanggung ibadah kita. kalo setelah diberitau, lantas kita merasa tidak yakin, bingung harus mengikuti yang mana, jadi dimana letak iman kita? dimana letak keyakinan kita? kan konyol. kalo memang kita gak yakin, ya jangan diikuti. kalo yakin ya ayo aja. kan lucu kalo kita gak yakin atas pilihan kita sendiri trus nyalahin orang yang ngasih saran. inget, dia cuma ngasih saran.keputusan kan dikita. iya toh?

ya sudah, saya juga gak mau nyalahin siapa-siapa juga. saya ini curhat masal, curhat bersama. kalo saya salah, ya saya minta maaf.

salam panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar